Pencerah Hati

KALIMAT HIKMAH SIANG INI - 03 Juni 2021 16:14

  • Kamis, 03 Juni 2021 16:14:19
  • Ahmad Imam Mawardi

KALIMAT HIKMAH SIANG INI

Saat duduk-duduk santai dengan para saudara kerabat siang hari ini, obrolan kehidupan mengalir sambil merenung langkah apa yang harus kita istiqamahkan dalam hidup ini agar senantiasa selamat dan bahagia hakiki dunia akhirat.

Meluncur dengan tiba-tiba kata hikmah yang diabadikan sejarah: "Jangan engkau meludahi sumur. Siapa tahu nanti engkau akan mampir menimba meminum airnya." Bagi saya, makna kata ini dalam sekali dan perlu dijadikan pegangan.

Jangan karena kita sedang tidak haus, tidak sedang butuh air, lalu meremehkan sumur, menyingkirkannya, menghinanya dan meludahinya. Hidup ini terus berjalan, kita tidak tahu jangan-jangan nanti ada satu episode kehidupan kita yang mengharuskan kita ke sumur itu. Sumur adalah penggambaran dari orang yang dibutuhkan banyak orang, yang menjadi rujukan banyak orang. Kadang hanya karena beda pilihan politik, beda partai, beda gaya, lalu diboikot dan dijauhi. Jangan terjebak pada kepentingan sesaat, bisa malu dan menyesal lama sekali.

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi dalam hidup kita. Untuk tetap selamat dan bahagia hakiki, syarat utamanya adalah tetap istiqamah berada di barisan orang-orang baik, satu shaff, satu kelompok dengan orang-orang baik, yakni orang yang tulus ikhlas berbuat untuk Allah.

Semoga kita bisa ya. Bimbing saya dan doakan saya. Salam, Ahmad Imam Mawardi di Lenteng Sumenep