Pencerah Hati

KITA BERBINCANG TENTANG KEMATIAN - 16 Agustus 2021 09:35

  • Senin, 16 Agustus 2021 09:35:14
  • Ahmad Imam Mawardi

KITA BERBINCANG TENTANG KEMATIAN

Minggu-minggu terakhir ini kita selalu saja dikejutkan dengan berita kewafatan sahabat, saudara, tetangga, kenalan dan orang-orang lain. Ada yang tanpa berita sakit, ada pula yang sakit terlebih dahulu. Ada yang masih mudah dan ada pula yang sudah sepuh. Ada yang dari kalangan masyarakat biasa, banyak pula yang dari masyarakat berkelas sosial tinggi. Lengkap sekali kisah kematian akhir-akhir ini.

Naiknya jumlah kematian berdasarkan berita yang beredar kali ini kebanyakan dikaitkan dengan merebaknya kaaus covid 19. Ada juga yang mencurigai cuaca yang tak lagi berjalan sealami dulu. Ada yang menduga telah terjadi penyebaran racun kimia berbahaya lewat udara melalui pesawat khusus yang melintas di langit berbagai wilayah. Dan ada banyak dugaan serta kemungkinan lainnya.

Apapun penyebabnya, kematian adalah kematian. Setiap yang bernyawa pasti merasalan kematian sebagai syarat untuk pindah ke alam lain yang lebih abadi. Kata Khalifah Umar bin Abdul Aziz, manusia tidak dicipta untuk musnah dan hancur, melainkan untuk abadi. Lalu bagaimana dengan kematian itu? Kematian bukankah kemusnahan dan kehancuran manusia melainkan perpindahan alam saja. Tubuhnya mungkin saja hancur kembali ke tanah, tapi ruhnya terus hidup kembai naik ke langit. Iya, tubuh yang sementara ini paling banyak mendapat perhatian kita pasti kembali ke tanah, sementara ruh yang sering kita lalai merawatnya terus hidup kembali kepada Allah. Astaghfirullah, semoga Allah ampuni kelalaian kita.

Sahabat dan saudaraku. Sekarang mari kita semakin rajin mengevaluasi diri kita kalau sekiranya kematian adalah datang untuk kita. Apa yang telah kita persiapkan? Berhentilah berbuat apa yang Allah tidak suka. Bwrsemangatlah selalu berbuat sesuatu yang Allah dan Rasulullah senang. Semoga kita sehat dan panjang umur. Kalau ajal tiba, semoga kita mengakhiri hidup ini dengan keindahan husnul khatimah. Salam, AIM