Pencerah Hati

Pencerah Hati 03 Januari 2016 08:00

  • Minggu, 03 Januari 2016 08:00:00
  • Ahmad Imam Mawardi

Seorang guru TK berkata pada anak didiknya di awal pertemuan kelas: "Anak-anak, baik-baik ya di sini, kita bermain dan belajar bersama. Kalau ada yang mau pipis, angkat dua jari ke atas ya." Semua anak teriak: "Iya, buuuuuuu." Seorang anak kecil yang duduk dipojok rupanya pikirannya bertipe tidak linier, dia berguman sendiri namun terdengar oleh ibu guru: "Ah, tidak masuk akal, emang kalau dua jari diangkat langsung bisa keluar kencing?" Maksud bu guru tak tersampaikan dengan baik.

Seorang anak usia 9 tahun pulang dari masjid sebelum khatib naik mimbar Jum'at. Ibunya bertanya mengapa pulang padahal Jum'atan belum usai. Dia berkata: "Gawat Ibu, tadi pak takmir mengumumkan bahwa yang membawa HP harus segera dimatikan sebelum khutbah dimulai. Ketimbang aku dibunuh karena bawa HP, maka aku pulang saja." Maksud petugas takmir tak tersampaikan dengan baik.

Sebuah kampung heboh gara-gara burung love bird kesayangan pak RT hilang. Pak RT galau dan marah besar. Dikumpulkanlah semua warga, baik bapak-bapak dan ibu-ibu. Sesepuh kampung yang sudah tua dan disegani berdiri dan memberikan sambutan dengan suara agak terbata-bata karena penyakit mengi kronisnya: "Tolong, siapa saja yang melihat burung pak RT berdiri sekarang juga." Semua orang saling pandang tak ada yang berdiri. Tiba-tiba seorang ibu berdiri pertanda dialah satu-satunya yang melihat burung pak RT. Ibu itu adalah Bu RT, isterinya pak RT. Semua orang tertawa karena burung yang dimaksud sesepuh adalah berbeda dengan burung yang dipahami bu RT. Hehehe, maaf ya, ternyata maksud sesepuh tak tersampaikan dengan baik.

Komunikasi yang baik itu tak gampang. Ada ilmunya. Berbicara di depan orang banyak itu tak mudah. Butuh ilmu dan skill. Ikuti training public speaking di Ponpes Kota Alif Laam Miim Surabaya. Salam senyum pagi, AIM, pengasuh.