Pencerah Hati

BELAJAR MENJADI ORANG BERUNTUNG YANG MENGUNTUNGKAN - 30 Mei 2021 11:50

  • Minggu, 30 Mei 2021 11:50:05
  • Ahmad Imam Mawardi

BELAJAR MENJADI ORANG BERUNTUNG YANG MENGUNTUNGKAN

Dulu, hidup seorang ulama bernama Abul Abbas Ahmad ar-Rifa'i (500-578 H). Beliau seorang alim, wara', zuhud dan sakti. Salah satu kesaktiannya adalah bahwa suaranya bisa didengar dari jarak jauh. Jamaah yang menghadiri pengajiannya semua mendengar suara beliau dengan jelas walau duduknya jauh dari beliau. Seakan semuanya dekat sekali dengan beliau. Bahkan orang tuli pun ikut pengajian beliau. Berwibawa sekali.

Salah satu kalimat mutiara yang beliau lontarkan adalah: "Barangsiapa yang sibuk dengan sesuatu yang tak ada gunanya maka pasti dia kehilangan sesuatu yang berguna bagi dia." Kalimat pendek ini sangat benar dan penuh makna. Sangatlah eman kalau kita memiliki waktu yang tersia-siakan oleh hal yang tak berguna.

Apa definisi "guna?" Yang mrnguntungkan dan membahagiakan kita di dunia dan akhirat. Catatannya adalah keakhiratan nilainya harus lebih tinggi dan harus lebih diutamakan ketimbang yang bersifat keduniaan sahaja. Kita harus rajin-rajin menimbang dan memikirkan aktifitas kita, merugikan apa menguntungkan.

Sebisa mungkin, jadilah pribadi yang beruntung dan memberikan untung, yang bahagia dan membahagiakan, untuk kini dan nanti, di sini dan di sana. Manusia seperti inilah yang disebut meneladani Rasulullah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Salam, Ahmad Imam Mawardi