Pencerah Hati

BERSIKAPLAH ADIL, SOPAN DAN BERADAB - 30 Mei 2021 11:50

  • Minggu, 30 Mei 2021 11:50:05
  • Ahmad Imam Mawardi

BERSIKAPLAH ADIL, SOPAN DAN BERADAB

Mari kita renungkan beberapa catatan berikut ini:

Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah menulis surat untuk pekerjanya: "Kalau kamu merasa mampu berbuat dzalim kepada manusia, sadarilah bahwa Allah berkuasa untuk berbuat apapun kepadamu."

Muawiyah pernah berkata: "Aku enggan untuk berbuat aniaya krpada orang yang tidak memiliki siapapun yang mampu menolongnya melawan aku kecuali Allah sebagai penolongnya."

Seorang Najasyi berkata: "Kekuasaan masih bisa langgeng bersama dengan kekafiran, tapi ia tak bisa berlanjut bersama kedzaliman."

Rasulullah SAW bersabda: "Takutlah kalian pada doa orang yang terdzalimi, karena doanya pasti langsung naik ke langit. Allah berfirman: Demi kemuliaan dan keagunganKu, sungguh Aku akan menolongnya dengan segera."

Dalam hadits yang lain beliau bersabda: "Takutlah engkau akan doa orang yang didzalimi, walaupun dia kafir. Karena, tiada hijab (penghalang) antara dia dengan Tuhannya."

Berbuatlah adil, sopan dan beradab. Inilah yang disuka Allah dan dicontohkan Rasulullah. Ini adalah salah satu pintu lurus menuju Allah, menuju rahmat dan ridla Allah. Salam, A. I. Mawardi