Pencerah Hati

Pencerah Hati 11 Januari 2016 17:00

  • Senin, 11 Januari 2016 17:00:00
  • Ahmad Imam Mawardi

Ada orang-orang yang selalu mengikuti kita karena mereka ingin meniru atau meneladani kita. Ada orang-orang yang selalu membuntuti kita karena ingin mencari kesalahan kita atas nama iri hati dan dengki. Kedua-duanya memiliki fungsi positif ketika kita meresponnya secara positif. Kita akan mencoba untuk mempersembahkan yang terbaik dan menjauhi yang tidak baik.

Kedua-duanya juga bisa berdampak negatif ketika kita mersponnya secara negatif dan berlebihan. Bisajadi model orang-orang pertama menjadikan kita sombong, sedang model orang-orang kedua menjadikan kita terjebak dalam kebencian. Sungguh segala masalah yang hadir pada kita sangat tergantung pada cara kita menghadapi dan menyelesaikannya.

Ada model ketiga yang berbeda dengan orang-orang di atas, yakni mereka yang tak pernah mengikuti dan membuntuti kita, tak pernah peduli kepada kita, tak pernah ingin tahu tentang kita, tak pernah mau bersentuhan dengan kita kecuali ketika butuh. Bagaimanakah cara terbaik berhubungan dengan orang semacam ini? Banyak yang sepakat bahwa tetap menyikapinya secara positif dan mengambil sisi positifnya. Tetaplah berikan yang terbaik bagi mereka berupa doa-doa kebaikan.

Saudaraku dan sahabatku, dari tiga model manusia ini, yang manakah yang paling Anda sukai? Ingin memiliki banyak pengikut atau ingin memiliki banyak pembuntut? Atau ingin bebas mandiri tanpa pengikut dan pembuntut? Salam, AIM@Perumahan Pesona Milenia Mangli Jember