Pencerah Hati

Pencerah Hati 12 Januari 2016 14:00

  • Selasa, 12 Januari 2016 14:00:00
  • Ahmad Imam Mawardi

Menjadi orang yang membutuhkan orang lain, itu adalah biasa. Menjadi orang yang dibutuhkan orang lain, itulah yang luar biasa. Menjadi lelaki yang membutuhkan perempuan adalah biasa. Menjadi lelaki yang dibutuhkan perempuan adalah luar biasa. Menjadi perempuan yang membutuhkan lelaki adalah biasa. Menjadi perempuan yang dibutuhkan lekaki itulah yang luar biasa.

Membutuhkan adalah kata kerja aktif yang bermakna diri kita berharap hadirnya sesuatu atau seseorang yang memiliki kelebihan yang kita perlukan demi kebahagiaan kita. Dibutuhkan adalah kata kerja passif yang bermakna bahwa ada suatu kelebihan yang dimilikinya yang diharapkan oleh orang lain.

Kelebihan apa sajakah yang paling banyak menjadikan seseorang itu dibutuhkan banyak orang adalah pertanyaan yang paling banyak diburu untuk diketahui jawabannya. Mungkin saja jawabannya adalah jabatan karena ketika seseorang sedang menjabat biasanya banyak sekali yang mendekati dengan menjual mukanya sendiri dan menjilat. Namun faktanya, setelah tak menjabat begitu banyak mantan pejabat yang dicampakkan dan disia-siakan. Berarti ini bukan kelebihan sejati yang dimaksud.

Mungkin saja jawabannya adalah harta. Begitu banyak orang yang mendekat dan mengabdikan dirinya kepada orang kaya untuk mendapatkan jaminan hidup dan kebahagiaan. Namun faktanya, begitu banyak orang kaya yang kemudian ditinggalkan ketika ada tanda-tanda bakhil atau terlibat sebuah peristiwa hukum. Berarti kekayaan bukanlah kelebihan sejati yang dimaksud.

Mungkin saja jawabannya popularitas. Begitu banyak orang yang berakrab-akrab dan berfoto selfie dengan orang terkenal agar terkanal juga. Namun ternyata ketika tak lagi terkenal, diapun ditinggalkan ngenes dalam kesendirian. Berarti ini bukan kelebihan sejati yang dimaksud. Lalu, apa kelebihan yang dimaksud? InsyaAllah pada psotingan berikutnya. Salam, AIM@home_with all family