Pencerah Hati

QURBAN DAN SEMANGAT TAAT MENDEKAT KEPADA ALLAH - 22 Juni 2021 21:10

  • Selasa, 22 Juni 2021 21:10:05
  • Ahmad Imam Mawardi

QURBAN DAN SEMANGAT TAAT MENDEKAT KEPADA ALLAH

Baru saja selesai syuting 3 episode tentang ibadah qurban bersama yayasan yatim mandiri. Saya menyampaikan hukum berqurban, hikmah berqurban dan rahasia tersembunyi di balik semangat berqurban ini. Mengapa Rasulullah sangat menganjurkannya sampai-sampai beliau bersabda: "Barangsiapa memiliki kemampuan lalu tidak berqurban maka janganlah mendekat tempat shalat kami."

Kalaulah mampu, berqurbanlah minimal satu keluarga satu kambing. Bersyukur jika Allah lapangkan hati untuk berqurban sejumlah anggota keluarga. Boleh kambing, sapi, kerbau atau unta. Allah tak akan pernah menjauhi mereka yang mendekat kepadaNya. Allah akan semakin sayang dan ridla kepada mereka. Secara bahasa, qurban memang berarti dekat.

Kita "hanya" diminta untuk qurban harta. Bandingkan dengan Nabi Ibrahim yang diperintah menyembelih anaknya. Nabi Ibrahim dan puteranya sepakat dan siap demi melaksanakan perintah Allah. Kita hanya diminta berqurban binatang ternak. Masih enggankah?

Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim melaksanakan penyembelihan binatang qurban persis seperti tahun kemaren. Mari kita semarakkan. Mau bergabung dalam kafilah ini? Daftarkan segera. Salam, AIM